Selasa, 11 September 2012

Dead State


Bertahan hidup dari berbagai situasi


It's A Zombie Purist Game
Ketika sebuah studio game baru yang berisikan para anggota veteran developer terkenal dari Obsidian dan Troika, tidak heran jika proyek mereka mendapat perhatian dalam komunitas gaming. Pada tahun 2011 yang lalu, developer DoubleBear merencanakan sebuah proyek game RPG baru yang bertemakan tentang “zombie”. Pada awalnya proyek ini masih belum memiliki judul resmi, namun akhirnya DoubleBear meresmikan proyek game terbaru mereka dengan judul “Dead State”.

Dead State memilih tempat setting permainan di wilayah Texas, dalam sebuah kota fiksional yang bernama Splendid. Ide konsep permainan game ini adalah berusaha untuk menciptakan sebuah dunia permainan yang memiliki beberapa kota besar, dan di kelilingi oleh berbagai macam pedesaan atau tempat hidup yang terpencil. Pemain mendapat tugas untuk menjaga sebuah tempat perlindungan, yakni sebuah bangunan sekolah yang telah dirubah menjadi sebuah base operasi untuk menghadapi ancaman para zombie.

Brian Mitsoda dari DoubleBear menjelaskan kalau inti utama permainan Dead State adalah tentang “kebebasan”. Pemain harus bertahan hidup tidak hanya dari menghadapi serangan zombie, tetapi juga harus mengumpulkan makanan dan minuman, melakukan eksplorasi, dan mencari para manusia lainnya yang masih selamat. Game ini tidak memiliki musuh yang telah ditentukan (selain dari zombie), setiap faksi dan para NPC lainnya akan menjadi teman atau musuh tergantung dari tindakan yang dipilih oleh pemain.


Zombies Hate You
DoubleBear menjelaskan kalau game ini adalah sebuah game “zombie purist”, artinya adalah konsep permainan Dead State memfokuskan kepada infestasi zombie klasik, yang hanya peduli dengan memakan manusia, tidak bisa bermutasi seperti memiliki tentakel atau sejenisnya, dan tidak bisa berlari layaknya orang kesurupan seperti pada zombie modern. Dengan kata lain, pemain tidak akan pernah mendapat kesulitan jika bertemu hanya dengan satu zombie saja, tetapi kalian pasti akan kewalahan jika harus menghadapi sekumpulan zombie yang datang menyerang serasa tiada habisnya.

Brian juga mengatakan kalau pemain tidak akan selalu melawan zombie dalam game ini. Terkadang pemain dapat menemukan sekelompok manusia lain yang akan bertarung melawan sesama manusia, demi untuk bertahan hidup dengan caranya tersendiri. Pada intinya, Dead State berusaha menampilkan simulasi permainan yang memperlihatkan seperti apakah sebuah dunia yang tidak memiliki masa depan akibat zombie. Jika kalian butuh sebuah bayangan, anggap saja Dead State adalah sebuah game yang terinspirasikan dari film Walking Dead, atau film-film zombie buatan George A. Romero, “The Godfather of all Zombies”.


Zombie: The Gameplay
Permainan Dead State tampil dalam bentuk open-ended, kalian bisa bertemu dengan beragam karakter dan event-event menarik, tetapi keseluruhan alur cerita tergantung dari kemanakah kalian akan pergi, dengan siapa bertemu, dan bagaimana kalian mengambil keputusan serta tindakan yang dilakukan. Setiap zombie dalam game ini ditampilkan sebagai makhluk yang bergerak lambat, terlihat bodoh, dan tidak terorganisir.

Mereka akan bereaksi dengan suara dan manusia yang terlihat hidup. Dalam jumlah kecil, para zombie ini tidak terlihat membahayakan, tetapi dalam jumlah besar mereka sangat berbahaya dan bisa membunuh kalian dengan efektif. Gigitan zombie juga berinfeksi dan dapat membunuh manusia dalam selang waktu tiga hari setelah tergigit. Brian menjelaskan kalau dalam versi permainan normal, gigitan zombie tidak akan berpengaruh kepada pemain, tetapi para NPC lainnya bisa terinfeksi. Ia juga menjelaskan kalau obat antibiotik di dalam game hanya dapat mengontrol infeksi zombie tersebut, tetapi tidak bisa menyembuhkan. Semakin sedikit nyawa seorang karakter dalam game tersebut, maka akan semakin besar resiko mereka terkena infeksi gigitan zombie. Selain dari permainan normal, ada juga mode permainan lain dimana pemain sendiri bisa terkena gigitan zombie, dan antibiotik sama sekali tidak berguna. Mode permainan ini tentu saja dibuat khusus untuk mereka yang suka dengan tantangan yang lebih sulit.

Konsep pertarungan Dead State tampil bentuk turn-based, ini artinya pemain tidak mempunyai kontrol langsung dengan karakter-karakter lainnya, tetapi pemain masih bisa memberikan perintah baik secara grup ataupun individual. Pemain juga memiliki tanggung jawab untuk mengatur senjata dan peralatan yang digunakan oleh karakter-karakter lain. Terkadang bisa terjadi seorang karakter yang tidak mau mengikuti perintah akibat morale mereka yang terlalu rendah, atau tergantung dari personalitas mereka, atau tidak mau menuruti perintah akibat terlalu panik. Hal ini membuat Dead State tampil sebagai game role-playing yang menggabungkan unsur strategi turn-based dengan survival action.

Panic dan Morale adalah dua sistem permainan utama yang terdapat dalam game ini. Panic dapat terjadi jika seorang karakter ketakutan dalam menghadapi zombie, atau terlalu frustasi (stress) dalam pertarungan. Sebagian karakter hanya takut jika bertemu dengan zombie, sebagian lagi hanya takut dalam pertarungan, dan sisanya malah ada karakter yang tidak takut dengan apa pun. Pemain juga harus mempertahankan morale yang tinggi di sepanjang permainan, morale di hitung per hari dan tergantung dari setiap tindakan yang dilakukan. Morale yang rendah bisa mengakibatkan masalah baru dalam base pertahanan dan membuat karakter-karakter tidak mampu bertahan hidup, atau bertarung secara efektif.


First Impression
Jika dilihat secara teori, konsep permainan Dead State bagaikan sebuah game impian untuk mereka yang ingin sebuah game zombie yang sejati. Game ini sepintas memiliki konsep yang mirip dengan game Fallout klasik, atau survival turn-based lainnya seperti X-Com klasik. Jika pihak developer mampu menampilkan sebuah game yang solid dengan fitur-fitur permainan yang sempurna, maka Dead State mempunyai potensi besar untuk menjadi salah satu RPG terbaik di tahun 2012 ini.

Game ini tidak hanya memiliki gaya permainan yang unik, tetapi juga mendorong pemain untuk mengikuti aturan bertahan hidup dalam dunia zombie apocalypse. Hal-hal seperti makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama yang sangat penting, interaksi dengan karakter-karakter lain dapat menentukan siapa lawan dan siapa kawan pemain, dan yang paling menarik adalah “sejauh apakah kalian mampu bertahan dalam dunia penuh zombie ini”.



 
 
Dead State, dalam kasus yang belum pernah didengar, zombie bertema RPG dengan unsur strategi. Anda bertanggung jawab terhadap kelompok korban manusia yang harus berjuang untuk tetap hidup selama terjadinya kiamat zombie.
Anda akan membawa senjata, dan menyelamatkan korban lainnya yang menjadi bagian dari kelompok Anda. Sepanjang jalan, Anda bahkan akan menemukan manusia-ramah korban dari kelompok-terpisah yang ingin hidup lebih lama dr Anda.
Permainan ini sedang dirancang oleh para veteran dari kedua perusahaan Troika Studios and Obsidian Entertainment. Tema zombie kiamat adalah alasan yang cukup baik untuk melihat ke depan untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar